Sukses

Din Syamsuddin: MUI Belum Bahas Hukum Ucapan Selamat Natal

Menurut Din, fatwa yang ada hanya mengharamkan umat muslim mengikuti ibadah Natal.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengatakan, fatwa soal ucapan selamat Natal tidak pernah dibahas oleh MUI. Fatwa yang ada hanya mengharamkan umat muslim mengikuti ibadah Natal.

"Di MUI belum dibahas itu. Di fatwa lama era Buya Hamka itu tidak termasuk yang diharamkan," ujar Din di kantor MUI, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2018).

"Yang haram itu mengikuti, ikut serta pada perayaan natal yang berdimensi kebaktian, ibadat, karena kita tidak ikut ibadat orang lain. Soal ucapan, tidak secara tegas pada fatwa lama itu diharamkan," imbuh dia.

Dalam butir empat fatwa itu, Din menjelaskan ucapan selamat Natal bersifat subhat. Atau lebih bagus dihindari jika merasa ragu.

"Adapun tentang pengucapan selamat Natal, ini fatwa itu, kalau itu masih bersifat subhat, bisa bagus dihindari. Kalau merasa subhat, dalam arti bagi yang tidak berkeyakinan mengganggu akidah," jelas Din.

Pernyataan itu menanggapi video ucapan selamat Natal oleh Cawapres dan Ketua Umum MUI nonaktif Ma'ruf Amin. Din sendiri enggan berkomentar soal ucapan tersebut.

"Tapi ini sudah lewat yah, nanti saja ditanya tahun depan," kata Din singkat.

Din mengatakan, dalam video Ma'ruf Amin yang beredar ada ucapan yang salah didengar banyak pihak. Ucapan tersebut adalah kalimat 'Saudara-saudara kami dari kaum kristiani kami sampaikan selamat hari Natal dan Tahun Baru semoga berbahagia'.

"Saya kira itu salah dengar saja. Salah dengar, maksud Beliau itu, saudara-saudara kami dari kaum Kristiani, tapi kedengarannya saudara-saudara, kami dari kaum kristiani," jelas Din.

Menurut dia, Ma'ruf tidak bermaksud menyebut demikian. Dia mengatakan hanya salah persepsi pendengaran saja.

"Nah itu tergantung telinganya, saya yakin Beliau tidak bermaksud kami dari Kristiani. Tidak mungkinlah terjadi. Memang harus hati-hati mendengar, dan hati-hati juga berucap supaya jangan menimbulkan salah pendengaran dari orang lain," jelas Din.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video Ma'ruf Amin

 

Diberitakan, video ucapan selamat Natal dari cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin beredar di media sosial. Dalam video itu, Ketum MUI itu mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru kepada umat kristiani.

"Saudara-Saudara kami dari kaum kristiani kami sampaikan selamat hari Natal dan Tahun Baru semoga berbahagia," kata Ma'ruf Amin.

Dalam vdeo tersebut Ma'ruf Amin mengenakan baju koko putih dibalut jas dengan sorban putih di leher dan peci hitam di kepala. Di pojok kiri video yang yang berdurasi kurang lebih 12 detik itu terdapat tulisan Jokowi-Amin Indonesia Maju 01.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.