Sukses


MPR Sosialisasikan Empat Pilar kepada Warga Pujakesuma Melalui Wayang Kulit

MPR gelorakan Empat Pilar melalui wayang di hadapan ratusan warga Pujakesuma.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat keturunan Jawa yang tergabung dalam Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) yang bermukim di Kotapinang dan sekitarnya antusias mendatangi lapangan Pinang Awan Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba, Kotapinang, Sabtu (24/11/2018). Mereka ingin menonton pertunjukan wayang yang diselenggarakan Majelis Pertunjukan Rakyat (MPR) dalam rangka sosialisasi Empat Pilar.

MPR RI memasyarakatkan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika melalui pagelaran seni budaya wayang kulit dengan lakon Wahyu Satrio Piningit. Lakon disampaikan oleh dalang Ki Giman Guno Prenggo Stoto dari Kisaran.

Rambe Kamarul Zaman, mewakili Pimpinan MPR RI, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan sosialisasi dilaksanakan MPR di seluruh tanah air melalui seni budaya. Harapannya, para generasi bangsa dapat bergotong royong melestarikan seni budaya untuk memperkuat Empat Pilar MPR RI.

Hal itu merupakan penjabaran dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yang pada akhirnya menjadi landasan masyarakat untuk menjaga Persatuan. Di hadapan ratusan warga Pujakesuma Labuanbatu Selatan, anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar tersebut mengatakan bahwa dirinya semangat melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di sana meski harus menempuh perjalanan panjang.

Rambe senang karena masyarakat antusias melihat pertunjukan wayang kulit sambil mendengar pesan-pesan Empat Pilar.

“Ini menandakan masyarakat di sini menyukai wayang kulit,” ujarnya.

Dengan adanya acara tersebut, Rambe berharap agar masyarakat terhibur dan mau mengikuti pesan-pesan yang disampaikan dalang Ki Giman Guno Prenggo Stoto untuk menjaga serta menguatkan keutuhan NKRI. Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Desa Aek Batu di Kabupaten Labuhanbatu Selatan karena telah bersedia menjadi tempat pelaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Usai menjelaskan tentang Empat Pilar MPR RI dan membuka secara resmi pagelaran ini, Rambe secara simbolik meyerahkan tokoh wayang dalam lakon Wahyu Satrio Piningit itu kepada sang dalang Ki Giman Guno Prenggo Stoto.

“Penyerahan tokoh wayang ini sebagai tanda pagelaran dimulai,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretariat Jenderal MPR RI sebagai Panitia Pelaksana Pegelaran Wayang Kulit dalam laporannya yang disampaikan oleh Andrianto, menyatakan bahwa acara ini dilakukan dalam rangka Reaktualisasi dan Internalisasi pemahaman terhadap Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat. Pemahaman akan esensi Empat Pilar akan menjadi fondasi kuat dalam menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

MPR sudah melaksanakan berbagai metode seperti ToT, LCC, diskusi, seminar, dan metode sosialisasi melalui pentas seni budaya daerah.

"(Pentas seni budaya daerah) ini adalah salah satu bentuk apresiasi MPR RI dalam upaya melestarikan warisan budaya tradisional, khususnya seni budaya wayang kulit yang telah menjadi kekayaan intelektual bangsa Indonesia," kata Andrianto.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Khairul Harahap, dalam sambutannya mengatakan bahwa seni budaya wayang kulit adalah salah satu acara pemersatu bangsa. Pasalnya, wayang adalah seni budaya etnis Jawa yang diadakan ditanah Batak Mandailing, tapi masyarakat Labuhanbatu Selatan sangat antusias menyaksikannya acara ini.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada MPR RI yang bersedia mengadakan Pegelaran Wayang Kulit di Labuhanbatu Selatan dan berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara  rutin.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Khairul Harahap, Kepala Bagian Pengelola Data dan Sistem Informasi Setjen MPR RI Andrianto, Ketua Pujakesuma Labuanbatu Selatan Salamun, Camat Torgamba, Kapolsek dan para Kepala Desa, serta tokoh budaya dan ratusan masyarakat Pujakesuma Labusel.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.