Sukses

Evakuasi Korban dan Puing Lion Air Jatuh Difokuskan di Tanjung Priok

Sekitar 20 mobil ambulans disiapkan untuk mengangkut korban.

Liputan6.com, Jakarta - Pantai Tanjung Pakis, Karawang menjadi lokasi terdekat pencarian pesawat Lion Air JT 610 tujuan Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh. Hanya, seluruh proses evakuasi korban dan pengangkutan puing pesawat difokuskan ke Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Petugas Polair Polres Karawang AKP Sitorus menyampaikan, jarak yang ditempuh ke Pantai Tanjung Pakis dari lokasi jatuhnya pesawat Lion Air memang hanya 30 menit. Hanya, kondisi dan akses jalan di kawasan tersebut terbilang sulit.

"Terkendala akses jalan. Sedimen pantai menyulitkan pengangkutan evakuasi dan puing pesawat. Dangkal muaranya," tutur Sitorus kepada Liputan6.com di Pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018).

Jarak tempuh dari lokasi Lion Air jatuh pesawat ke Tanjung Priok sekitar 1 jam. Petugas Badan SAR Nasional (Basarnas) langsung membawa korban dan puing pesawat menggunakan kapal evakuasi.

"Di sini siaga semua saja dulu. Sudah koordinasi dengan Basarnas juga. Tinggal kalau memang diperlukan ke sini, kita siap," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

20 Ambulans Siaga

Berdasarkan pantauan, sejumlah petugas gabungan mulai dari TNI Polri, Basarnas, Dinas Perhubungan, hingga petugas media berada di pantai. Sekitar 20 mobil ambulans disiapkan untuk mengangkut korban.

"Posko ante mortem juga sudah ada," Sitorus menandaskan.

Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto juga turut menyusuri lokasi jatuhnya pesawat Lion Air. Dia ke tengah laut melalui Pantai Tanjung Pakis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.