Sukses

Jokowi Kecam Serangan Israel ke Gaza Akibatkan RS Indonesia Rusak

Jokowi menekankan, Indonesia konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. Indonesia juga tidak akan pernah mundur selangkah dari Palestina.

Liputan6.com, Surabaya - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengecam keras serangan udara Israel ke jalur Gaza. Akibat serangan tersebut, Rumah Sakit Indonesia di Bayt Lahiya mengalami kerusakan.

"Ya kami tahu rumah sakit itu rusak dan Indonesia mengecam keras serangan Israel 27 Oktober karena tidak hanya merusak rumah sakit tapi juga wilayah sekitar juga," ujar Jokowi di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/10/2018).

Dia menekankan, Indonesia konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. Indonesia juga tidak akan pernah mundur selangkah dari Palestina.

"Indonesia tetap akan selalu di belakang Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaannya, tidak ada kata mundur!" kata Jokowi.

Militer Israel melancarkan serangan ke Jalur Gaza pada Sabtu 27 Oktober 2018 menjelang fajar. Aksi ini merupakan balasan atas serangan roket militan Hamas ke wilayah Israel sejak Agustus lalu.

Akibat serangan Israel, Rumah Sakit Indonesia rusak parah. Beberapa ruangan dan jendela pecah. Sementara atap Rumah Sakit hancur dan roboh. Sebagian pasien akhirnya dievakuasi ke koridor-koridor untuk diamankan.

Rumah Sakit Indonesia di Bayt Lahiya telah beroperasi sejak 2012. Rumah Sakit itu didirikan sejumlah lembaga solidaritas Indonesia untuk Palestina, dengan dana sumbangan masyarakat Indonesia.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.