Sukses

Bupati Malang Mundur dari Nasdem Usai Penggeledahan KPK

Bupati Malang Rendra Kresna merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Nasdem Jatim. Kemarin KPK menggeledah rumah dinasnya terkait dugaan korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Nasdem Jatim yang juga Bupati Malang Rendra Kresna mengundurkan diri usai penggeledahan yang dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nasdem pun mempersilakan mengusut kasus yang menyeret nama kadernya itu.

"Dalam suasana keprihatinan ini DPP Partai Nasdem mempersilakan KPK untuk melanjutkan proses hukum dengan tetap mengedepankan rasa keadilan bagi setiap warga negara," kata Ketua DPP Nasdem Bidang Media dan Informasi Publik, Willy Aditya, di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Selasa (9/10/2018).

Dia mengatakan, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menerima dan memproses pengunduran diri Bupati Malang Rendra Kresna sebagai Ketua DPW Nasdem Jatim.

Pengunduran diri Rendra Kresna sebagai kader Nasdem, lanjut dia, didasari rasa tanggung jawab terhadap masalah hukum yang ditangani KPK.

Dia menuturkan, Nasdem memiliki kebijakan akan memberhentikan kader yang terlibat masalah hukum termasuk korupsi, narkoba maupun kasus pidana lainnya. Bisa juga yang bersangkutan mengundurkan diri seperti yang dilakukan Bupati Malang Rendra Kresna.

"Opsinya hanya dua, mengundurkan diri atau diberhentikan dari struktur partai," tegas Willy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggeledahan KPK

Sebelumnya, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menyatakan penyidik menggeledah Pendopo Pemerintah Kabupaten Malang Jawa Timur. Penggeledahan kantor Bupati Rendra Kresna ini dilakukan pada Senin 8 Oktober malam.

Berdasarkan informasi, KPK menggeledah ruang kerja Bupati Malang dan Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Malang yang berlokasi di Kota Malang.

Penyidik mencari beberapa barang bukti seperti dokumen kepegawaian dan surat pengaduan dari masyarakat.

KPK juga menggeledah rumah pribadi Bupati Malang Rendra Kresna di Pakis, Kabupaten Malang, serta beberapa kantor dinas Pemerintah Kabupaten Malang. Namun, Febri belum mau merinci atas dugaan kasus apa penggeledahan itu dilakukan.

"Bukan pemeriksaan, tapi ada kegiatan pengembangan perkara yang sedang dilakukan di sana. Karena tim masih di lapangan, kami belum bisa informasi rinci," kata Febri, Senin 8 Oktober 2018.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.