Sukses

Pemprov DKI Sponsori Ratna Sarumpaet Rp 70 Juta untuk ke Chile

Asiantoro membenarkan Pemprov DKI Jakarta menanggung uang tiket dan akomodasi Ratna Sarumpaet untuk menghadiri konferensi internasional di Chile.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro membenarkan Pemprov DKI Jakarta menanggung uang tiket dan akomodasi Ratna Sarumpaet untuk menghadiri konferensi internasional di Chile.

Total dana yang dikeluarkan Pemprov DKI sekitar Rp 70 juta.

"Kurang lebih Rp 60-70 jutaan-lah," kata Asiantoro saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Dia menjelaskan, sebenarnya tidak hanya Ratna Sarumpaet saja yang dapat menerima sponsor untuk menghadiri konferensi tingkat internasional. Asiantoro menyebut, yang terpenting pihak yang mengajukan memenuhi kriteria yang ada.

"Semua orang boleh-boleh saja, sah-sah saja mengajukan. Tapi kan rekomendasinya kita lihat sepak terjang dia," jelasnya.

Awalnya, Pemprov DKI Jakarta menerima surat permohonan dari Ratna Sarumpaet pada 31 Januari 2018. Pada suratnya, Ratna meminta untuk difasilitasi kehadirannya pada acara The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago, Chile, yang berlangsung pada 7-12 Oktober 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditangkap di Bandara Soetta

Dalam surat tersebut, Ratna menjelaskan bahwa dalam konferensi tersebut dia merupakan sebagai salah satu anggota senior di kongres tersebut. Bahkan, dia diundang pula sebagai salah satu juru bicara.

"Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI," jelasnya.

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet ditangkap polisi di Bandara Soekarno Hatta ketika hendak bertolak ke Chile. Dari situ Ratna kemudian mengaku keberangkatannya disponsori oleh Pemprov DKI.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.