Sukses

Ratusan Perantau Korban Gempa Palu Pulang ke Jawa

Ratusan perantau asal Pulau Jawa yang menjadi korban gempa di Palu terpaksa pulang ke daerah masing-masing, lantaran situasi yang tidak pasti di lokasi bencana.

Fokus, Palu - Sebanyak 160 pengungsi bencana gempa dan tsunami Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah, tiba di Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda, Kabupaten Sidoarjo. Mereka adalah perantau dari Pulau Jawa yang terpaksa pulang karena situasi di Kota Palu masih dalam ketidakpastian.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (4/10/2018), para perantau ini terpaksa harus pulang kampung halaman karena rumah mereka di perantauan rusak parah, akibat terkena gempa bumi dan tsunami. Mereka berasal dari beberapa wilayah di Jawa Timur, seperti Tuban, Lamongan, Jombang dan Malang.

Para pengungsi tersebut dijemput oleh keluarga mereka. Namun ada sejumlah pengungsi yang diantar ke Terminal Bus Purabaya untuk melanjutkan perjalanan ke Surakarta dan Semarang, Jawa Tengah.

Pesawat Hercules dari Skadron 32 Malang itu akan kembali ke Palu, Kamis, 4 Oktober pagi ini, membawa 100 pasukan marinir untuk diperbantukan di lokasi bencana. Pesawat Hercules akan kembali ke Lanudal Juanda untuk membawa lagi pengungsi yang pulang ke Pulau Jawa. (Galuh Garmabrata)