Sukses

Ribuan Tenaga Honorer di Purwakarta Demo Tolak Aturan Penerimaan CPNS

Aksi unjuk rasa dilakukan dengan long march dari halaman Kampus UPI Purwakarta hingga taman kota di area Situ Buled, Purwakarta.

Liputan6.com, Purwakarta - Ribuan guru honorer di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berunjuk rasa menolak regulasi yang menyulitkan mereka menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (23/9/2018), lebih dari 1.000 tenaga honorer yang didominasi guru melakukan unjuk rasa menolak regulasi penerimaan CPNS yang mengutamakan formasi umum daripada formasi untuk tenaga honorer menjadi PNS.

Aksi diawali dengan long march dari halaman Kampus UPI Purwakarta hingga taman kota di Situ Buled, Purwakarta.

Menurut pengunjuk rasa, peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tidak adil terhadap para tenaga honorer yang telah puluhan tahun mengabdi di sejumlah instansi.

Pengunjuk rasa mendesak agar honorer lebih diprioritaskan dalam penerimaan CPNS tahun ini.

"Mereka sudah puluhan tahun mengabdi dan tidak bisa jadi CPNS, oleh karena itu regulasi direvisi lah," kata Ketua PGRI Purwakarta Rasmita.

Saat ini, di Kabupaten Purwakarta, lebih dari 2.000 tenaga honorer kategori dua yang belum diangkat menjadi pegawai negeri. Rata-rata mereka telah mengabdi selama belasan hingga puluhan tahun. (Muhammad Gustirha Yunas)