Sukses

Percikan Api Picu Kebakaran di Galangan Kapal Pekalongan

Kebakaran yang melanda sebuah galangan kapal di Pekalongan, Jawa Tengah, menghanguskan lima kapal yang tengah diperbaiki.

Fokus, Pekalongan - Kebakaran yang melanda sebuah galangan kapal di Pekalongan, Jawa Tengah, menghanguskan lima kapal yang tengah diperbaiki.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (18/9/2018), api dengan cepat membesar dan melalap badan kapal seberat 300 ton yang berada di Galangan Bintang Harapan, Pekalongan, Senin sore. Kobaran api yang semula hanya melumat satu kapal dengan cepat merambat ke sejumlah kapal lain yang tengah diparkir karena akan diperbaiki.

Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi langsung bekerja memadamkan api. Namun, banyaknya benda yang mudah terbakar termasuk ceceran bahan bakar minyak membuat api cukup sulit dijinakkan ini.

Petugas terpaksa menarik sejumlah kapal menjauh dari lokasi kebakaran untuk menghindari lebih banyak lagi kapal yang terbakar.

Menurut sejumlah saksi mata, kebakaran dipicu percikan api dari pengerjaan las sebuah kapal yang diparkir di sebelah selatan galangan.

"Pengerjaan las ini mungkin karena tidak diawasi menimbulkan percikan api hingga merembet sampai membakar 5 kapal," kata Kapolres Pekalongan AKBP Ferry Sandy Sitepu.

Hingga Senin malam, sedikitnya 8 unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan ke lokasi belum juga berhasil memadamkan api. Sejumlah petugas kepolisian dan TNI tampak menjaga ketat lokasi kebakaran. (Muhammad Gustirha Yunas)