Sukses

Jokowi Jadi Presiden Pertama Disambut di Istana Changdeok Korsel

Jokowi merupakan kepala negara pertama yang disambut di Istana Changdeok.

Liputan6.com, Jakarta - Selepas menghadiri Forum Bisnis dan Investasi Indonesia-Korea 2018, Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana bertolak menuju Istana Changdeok, Seoul, Senin (10/9/2018).

Jokowi dan rombongan langsung disambut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beserta Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook. Tampak juga anak-anak Indonesia dan Korea menyambut kedatangan kedua Kepala Negara dengan mengibarkan bendera Indonesia dan Korea Selatan.

Rangkaian penyambutan dilanjutkan dengan upacara kenegaraan yang diawali dengan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya diikuti lagu nasional Korea Selatan. Kedua Kepala Negara beserta Ibu Negara kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Jokowi dan Ibu Iriana kemudian disuguhi pertunjukan tarian Selamat Datang Hyang-ak-jeong-jae yang dilanjutkan dengan perkenalan delegasi resmi masing-masing. Setelah itu, kedua Kepala Negara beserta Ibu Negara berfoto bersama delegasi kedua negara.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom menjelaskan, Jokowi merupakan kepala negara pertama yang disambut di Istana Changdeok.

"Ini pertama kali, Presiden Korea Selatan menyambut tamunya di Istana Changdeok. Hal ini juga menunjukkan bahwa kami sangat menghormati Presiden Jokowi," ucap Kim Chang-beom dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Upacara kenegaraan penyambutan kepala negara biasanya dilakukan di Istana Kepresidenan Blue House.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Khusus

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa Pemerintah Korea Selatan juga mempersiapkan secara khusus upacara kenegaraan untuk Presiden Jokowi.

"Mereka berlatih sampai 10 kali, karena ingin menampilkan yang terbaik," ucap Retno.

Setelah rangkaian upacara penyambutan kenegaraan selesai, Presiden kemudian berangkat menuju Secret Garden Area dengan menggunakan golf cart. Di sini Presiden mengunjungi salah satu bangunan UNESCO World Heritage.

Selanjutnya Presiden Moon Jae-in dan Ibu Kim Jung-sook mengundang Jokowi dan Ibu Iriana menuju tempat minum teh di Secret Garden Area untuk memulai friendship talk. Selama 30 menit keempatnya mengobrol ringan sambil minum teh.

Jokowi kemudian berangkat menuju Memorial Tower, National Cemetery. Selain mengheningkan cipta, di sini Jokowi juga meletakkan karangan bunga untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.