Sukses

BNP2TKI Rekrut Kabidkum Polda Metro Jaya

Liputan6.com, Jakarta: Kepala Bidang Hukum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Bambang Purwanto dipercaya menjabat sebagai Direktur Pengamanan di Deputi Bidang Perlindungan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat menjelaskan keberadaan Bambang di BNP2TKI sangat membantu kinerja di lembaga yang dipimpinnya. Lantaran menurut Jumhur, nantinya Bambang akan berkoordinasi dengan Mabes Polri dan seluruh jajaran kepolisian di Indonesia dalam mencegah terjadinya penyelundupan TKI.

Jumhur juga menjelaskan telah diangkat pula Direktur Pengamanan dari Kepolisian yang ditempatkan Kapolri untuk membantu sebagai Direktur Pengamanan. "Dan nanti mereka akan bekerja bersama Mabes Polri dan seluruh kepolisian di Tanah Air untuk memastikan bahwa pencegahan-pencegahan TKI yang tidak berdokumen terutama terkait moratorium," ungkap Jumhur usai melantik pejabat eselon baru di Kantor BNP2TKI, Jakarta, Jumat (18/11).

Karena lanjut Jumhur, moratorium ini kan resmi tapi ada kemungkinan mereka para TKI yang berangkat itu tidak resmi. "Contohnya misalkan mereka berangkat tertutup dan tidak ada orang berangkat resmi ke Arab Saudi. Jadi mereka berangkat dulu ke Malaysia, atau ke Singapura baru mereka berangkat ke Arab Saudi," tutur Jumhur.

Maka untuk mencegah hal itu, Direktur Pengamanan dari kepolisian sangat dibutuhkan dalam menangani permasalahan ini. "Meskipun ini tidak mudah. Karena membedakan antara TKI yang diselundupkan dengan penumpang biasa di pesawat itu tidak mudah. Maka ini perlu ketelitian dan kehati-hatian agar ini tidak mengganggu orang lain," tandasnya.(AIS)