Sukses

PDIP: Bung Karno Jadikan Pencak Silat Ekspresi Percaya Diri Bangsa

Bung Karno berpendapat, pencak silat penting dilakukan setiap generasi, utamanya generasi muda karena melatih kebugaran fisik.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP menilai, raihan cabang olahraga pencak silat yang menjadi pendulang medali utama Indonesia dalam Asian Games 2018 merupakan hasil proses yang panjang.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pencak silat sendiri dalam panggung nasional digelorakan oleh Bung Karno. Proklamator RI itu berpendapat bahwa pencak silat penting dilakukan setiap generasi, utamanya generasi muda karena melatih kebugaran fisik.

"Hal ini disuarakan Bung Karno pada jaman penjajahan Jepang, Sukarno sering berkeliling negeri untuk melihat perkembangan seni pencak silat. Ia pernah pula diundang untuk melihat kompetisi pencak silat yang diorganisir tentara Jepang. Bahkan ia selalu menyaksikan dua kawannya Chairul Saleh dan Sri Bimo Ariotedjo yang berlatih silat," ujar Hasto dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (2/9/2018).

Dia melanjutkan. ketika Indonesia Merdeka, Bung Karno menginginkan semua pendidikan olahraga yang berbau kolonial, seperti kasti dan korfbal atau semacam bola tangan, itu dihapuskan. Kemudian mulai dikenalkan pendidikan olahraga yang digali dari kebudayaan Indonesia yaitu pencak silat.

"Zakaria, atlet pencak silat, pernah membawa DKI Jakarta mendapatkan medali emas pada PON ke 2 pada bulan Oktober 1952. Sebagai peraih medali emas dari cabang pencak silat, ia pun pernah dipanggil Sukarno ke istana untuk memeragakan kebolehannya," ujar Hasto.

Puncak perhatian Bung Karno terhadap pencak silat menurut dia terjadi pada tahun 1957. Saat itu pencak silat menjadi salah satu bagian dalam misi kebudayaan ke Eropa. Pemain pencak silat kala itu adalah Abdul Wahab, Rosidi, Jumali, dan Suhada. Misi-misi kebudayaan Indonesia pada masa Sukarno dianggap sebagai suatu bentuk ekspresi rasa percaya diri dan kebanggaan nasional.

"Dengan demikian, kemenangan pencak silat adalah reinkarnasi dari semangat Bung Karno tersebut. Pencak silat adalah ekspresi rasa percaya diri dan kebanggaan terhadap kebudayaan bangsa," pungkas Hasto.

 

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.