Sukses

Asian Games 2018, Pencak Silat Jadi Lumbung Emas untuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Cabang pencak silat kembali menjadi lumbung medali emas bagi kontingen Indonesia di hari ke-11 Asian Games 2018. Dari 8 nomor final yang dipertandingkan, Tim Indonesia menyumbang 6 medali emas.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (30/8/2018), Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah kembali dipadati oleh penonton. Bahkan, di tribun VIP juga terlihat Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Wakil Presiden Yusuf Kalla, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto.

Mendapat dukungan dari para penonton dan juga seluruh warga negara Indonesia yang menyaksikan langsung dari layar SCTV, para pesilat Indonesia yang berlaga pun tampil sangat cemerlang.

Raihan medali emas bagi Indonesia diawali oleh Sugiarto yang turun di nomor seni perorangan putra. Setelah itu, pasangan Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti merebut emas di nomor seni ganda putri. Sukses mereka juga diikuti oleh nomor seni tim putri yang diperkuat Pramudita Yuristia, Gina Tri Lestari, dan Lutfi Nurhasanah.

Ayu Sidan dan Ni Made yang berasal dari Bali tak menyangka mereka bisa mendulang medali emas.

"Kami nggak menyangka bisa ikut Asian Games dan sebagai tuan rumah, itu juga menjadi motivasi untuk kami," kata peraih emas nomor seni ganda putri Ayu Sidan W dan Ni Made Dwiyanti.

Pesilat-pesilat yang tampil di final nomor tanding juga tak mau kalah. Diawali oleh Pipit Camelia yang turun di Kelas D 60-65 kg putri merebut medali emas usai mengalahkan pesilat Vietnam dengan skor telak 5-0.

Kemudian, pesilat putra Hanifan Yudani Kusuma yang merupakan kekasih dari Pipit Camelia juga tak mau kalah dari pasangannya. Hanif yang turun di Kelas C 55-60 kg putra menang tipis atas pesliat Vietnam Nguyen Thai Linh.

Sukses Indonesia dilengkapi oleh Wewey Wita yang turun di Kelas B 50-55 Kg putri. Wewey juga menang telak atas pesilat Vietnam Tran Thi Them 5-0.

Dengan koleksi enam emas di hari terakhir cabang pencak silat, berarti pencak silat total meraih total 14 medali emas bagi kontingen Indonesia. (Muhammad Gustirha Yunas)

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.