Sukses

Panglima Beri Beasiswa dan Prioritaskan Joni Gala Jika Ingin Masuk TNI

Panglima salut dengan keberanian Joni Gala memanjat tiang bendera yang talinya putus saat upacara kemerdekaan HUT RI ke-73 tahun 2018.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan beasiswa kepada Johannes Adekalla atau Joni Gala siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Silawan, Atambua.

Panglima salut dengan keberanian Joni Gala memanjat tiang bendera yang talinya putus saat upacara kemerdekaan HUT RI ke-73 tahun 2018, di Pantai Motaain Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

"Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan apresiasi berupa beasiswa atas keberanian dan aksi heroik Johannes Adekalla, sehingga bendera Merah Putih dapat dikibarkan dalam upacara tersebut," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/8/2018).

Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah mengatakan, bantuan beasiswa diberikan hingga ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu, Panglima juga menawarkan Joni Gala berkarier di TNI.

"Atas aksi heroiknya, Panglima TNI mengapresiasi dengan memberikan penghargaan kepada Johannes Adekalla berupa beasiswa hingga lulus SMA. Setelah lulus SMA akan mendapat prioritas apabila ingin menjadi Prajurit TNI serta mengundang Johannes ke acara pembukaan Asian Games ke-18 pada hari ini di Jakarta," kata Kapuspen TNI.

Ia mengatakan, aksi yang dilakukan secara sepontan oleh Johannes Adekalla pada saat pelaksanaan upacara kemerdekaan HUT RI ke-73 tahun 2018, sangat luar biasa dan dapat menggugah rasa nasionalisme warga bangsa lainnya. Saat ini pun masyarakat Indonesia banyak yang mengapresiasi atas sikap yang ditunjukan Johannes Adekalla.

"Mereka merasa terharu, meneteskan air mata dan bangga setelah melihat video aksinya yang viral di media sosial," ungkapnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.