Sukses

Sambut HUT ke-73 RI dan Asian Games, Presiden Jokowi Cetuskan Gagasan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempersiapkan acara akbar untuk menyambut Asian Games dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan dengan nama Harmoni Indonesia 2018 itu akan melibatkan 7 juta mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Tanah Air.

Anggota Wantimpres, Sidarto Danusubroto menyampaikan, gagasan itu dicetus Presiden Jokowi juga sebagai upaya merajut kebangsaan dan persatuan Indonesia.

"Ini gagasan dari Presiden sendiri. Beberapa kali kami dipanggil beliau untuk merancang," tutur Sudarto di Kantor Ristekdikti, Jalan Jendral Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Selatan (3/8/2018).

Setelah perencanaan matang, pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Kemenristekdikti untuk turut melibatkan seluruh civitas akademika di seluruh Indonesia. Untuk di Jakarta, acara akan digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat pada Minggu 5 Agustus 2018 pukul 08.00 WIB.

"Kita harapkan upaya ini dapat meningkatkan persatuan dan keberagamaan Indonesia. Kita harapkan yang ikut serta ini menggunakan pakaian daerah. Kita imbau. Kecuali Jakarta, nuansanya merah putih," jelas Sudarto.

Menristekdikti Mohamad Nasir menambahkan, acara tersebut akan diselenggarakan di 34 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Acara dimulai pukul 08.00 WIB, 09.00 WITA, dan 10.00 WIT.

"Akan kami dorong terlibat seluruh perguruan tinggi di seluruh Indonesia," kata Nasir.

2 dari 2 halaman

Diselenggarakan di 8 Kota

Selain dalam negeri, kegiatan itu juga diselenggarakan di delapan kota mancanegara. Di antaranya Singapura, Kuala Lumpur, Hongkong, Seoul, Taiwan, Manila, dan Jepang. Warga Negara Indonesia yang berada di negara tersebut dapat datang ke KBRI setempat yang dapat menampung seribu sampai dua ribu orang.

"Kalau kita ambil yang selisihnya lebih dari dua jam, bagaimana cara ngaturnya. Dan ini pun harus di atas Indonesia Barat. Kalau di bawah nanti gelap mereka. Belum bangun. Jadi dicari negara-negara yang pas," ujar dia.

Adapun isi dari acara tersebut adalah di antaranya menyanyikan secara serentak lagu-lagu nasional. Seperti lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, dan Padamu Negeri. Presiden Jokowi tentu akan turut menghadiri acara tersebut.

"Insyaallah hadir. Nanti hadir di Koridor Timur B GBK. Harapan kami, kita bisa mulai jalan bareng. Saya ingin olahraga dulu, menghadiri itu, sambil nanti menyambut bapak Presiden," Nasir menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Yuk, Intip Mewahnya Kereta Kepresidenan RI
Artikel Selanjutnya
Ini Deretan Infrastruktur yang Dibangun di Era Jokowi