Sukses

Kunjungi Korban Gempa Lombok, Jokowi Janji Bantu Perbaiki Rumah Warga

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi korban gempa Lombok di Desa Madain, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Senin (30/7/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi korban gempa Lombok di Desa Madain, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Senin (30/7/2018). Jokowi mengunjungi korban bersama ibu negara Iriana Jokowi, dan didampingi Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi beserta istri Erica Zainul Majdi.

Jokowi bersama gubernur TGB membagikan buku kepada anak-anak terdampak gempa bumi di Desa Madyan. Juga sembako dan meninjau salah satu rumah yang rusak berat akibat gempa Lombok.

Presiden Jokowi juga berdiskusi dengan masyarakat di tenda pengungsian yang menghasilkan kesepakatan besaran bantuan untuk pembangunan kembali rumah-rumah yang rusak berat.

"Masing-masing rumah yang rusak berat akan diberikan dana sebesar Rp 50 juta. Pembangunan dan supervisi akan dibantu oleh TNI, sedangkan untuk pengawasan dilakukan oleh gubernur, bupati dan perangkat yang lain," ujar Jokowi seperti dilansir Antara.

Pada akhir kunjungannya di lokasi terdampak gempa Lombok, Jokowi mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap waspada.

"Kita harus sadar bahwa negara kita berada di ring of fire. Jadi, masyarakat kita harus siap menghadapi setiap bencana yang mungkin saja bisa terjadi kapanpun seperti gempa, banjir dan sebagainya," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

14 Orang Meninggal

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat, tercatat 14 orang meninggal dunia akibat gempa Lombok. Sementara 162 jiwa luka-luka dan ribuan unit rumah rusak.

Dampak terparah dari gempa terdapat di Kabupaten Lombok Timur. Pada Kabupaten Lombok Timur terdapat 10 orang meninggal dunia. Sebanyak 67 orang luka berat dan ratusan jiwa luka sedang dan luka ringan. Kerusakan rumah mencapai lebih dari 1.000 unit rumah baik rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • gempa lombok