Sukses

Survei Median: Elektabilitas Cak Imin Sebagai Cawapres Tertinggi di Antara Tokoh Parpol

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun menilai peluang Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilihan Presiden 2019 lebih besar dibanding tokoh partai politik lainnya.

"Elektabilitas Cak Imin di atas Puan Maharani, Surya Paloh, Wiranto, dan Romahurmuziy," ujar Rico di Jakarta, Minggu (15/7/2018).

Menurut dia, Cak Imin mempunyai modal kuat untuk mendampingi Jokowi. Statusnya sebagai kader Nahdlatul Ulama (NU) menjadi senjatan untuk mendulang suara pemilih. 

"NU secara kuantitas memang diperlukan untuk menambah kekuatan elektoral," ujar mantan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia itu.

Muhaimin, lanjut Rico, juga dikenal publik sebagai tokoh yang mengedepankan Islam moderat, modal yang menguntungkan untuk memaksimalkan suara dari pemilih Islam.

"Islam moderat secara ideologi memang diperlukan untuk masuk dalam gelombang Islam politik," ucap Rico seperti dilansir dari Antara. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persaingan Tokoh Parpol

Menurut Rico saat ini memang terjadi persaingan di antara tokoh parpol anggota koalisi untuk menjadi cawapres pendamping Jokowi.

"Maka tak heran ada partai-partai yang sibuk berusaha menggeser posisi politikus berjuluk Panglima Santri itu," ujar dia.

Presiden Jokowi saat meninjau persiapan Asian Games 2018 di Jakabaring Sport Center, Palembang, Sabtu, 14 Juli 2018, menyebut Muhaimin Iskandar sebagai salah satu kandidat cawapres yang ada di kantongnya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.