Sukses

Lebih Dekat dengan Atlet Berkuda Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga berkuda jadi salah satu cabang yang akan dipertandingan di Asian Games 2018. Akan ada enam nomor yang dipertandingkan. Para atlet berkuda nasional pun berharap meraih hasil yang maksimal.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (13/7/2018), cabang berkuda akan memperebutkan enam medali emas dari tiga nomor yakni dari individu dan beregu.  

Masing-masing atlet di tiap nomor telah terpilih dari serangkaian seleksi ketat di sejumlah lokasi yaitu Arthayasa Stabel Cinere, Depok dan APM Equestrian Centre, Tangerang, Banten.  

Nomor pertama adalah dressage atau keserasian. Penunggang kuda harus serasi dengan kudanya, baik dalam berpakaian maupun bertingkah laku, hingga mengikuti alunan musik. Kategori ini pun sering dinamakan lomba kuda menari. Semakin kompak, nilainya pun semakin besar.  

Selanjutnya kategori jumping atau meloncat. Pengendara harus bisa sehati dengan kudanya agar bisa meloncat tanpa menjatuhkan rintangan. 

Terakhir adalah eventing atau lintas alam. Kuda harus bisa berlari di alam terbuka dan melewati rintangan yang ada, seperti kontur tanah yang tidak rata, air, hingga danau. Tingkat kesulitannya pun lebih berat dibanding dua kategori yang lain.  

Meski diakui persiapan di pelatnas berkuda belum begitu matang, namun para atlet tetap percaya diri.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video