Sukses

Kemarau Panjang Sebabkan Kebakaran di Kaki Gunung Guntur

Pepohonan dan ilalang di kaki Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat, hangus dilalap api. Api diduga datang akibat kemarau panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Diduga akibat kemarau panjang, sebagian wilayah kaki Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat hangus dilalap api. Jauh dan sulitnya akses menuju lokasi menyulitkan petugas memadamkan api.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (12/7/2018), kepulan asap dan kobaran api menghanguskan pepohonan dan ilalang di wilayah Blok Cimalaka, Gunung Guntur. Hembusan angin yang kuat semakin membuat api cepat merambat ke wilayah lain.  

Lokasi yang jauh dan sulit dicapai mobil pemadam kebakaran membuat sejumlah relawan dan warga turun langsung memadamkan api menggunakan alat seadanya.  

"Sulit sekali dipadamkan karena angin mengarah ke utara. Tapi alhamdulillah tidak mengarah ke selatan," ujar relawan bencana bernama Wili.  

Upaya pemadaman pun masih terus berlangsung hingga Kamis pagi. Relawan mencatat sedikitnya 40 hektare lahan terdampak kebakaran. (Karlina Sintia Dewi)