Sukses

Jembatan Gantung Ambruk di Ciamis, Belasan Orang Terluka

Fokus, Ciamis - Sebuah jembatan gantung yang menghubungkan dua kampung di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, saat belasan orang tengah melintas di atasnya. Akibatnya, belasan orang yang terdiri dari kaum ibu dan anak-anak, terjun bebas ke sungai di bawah jembatan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (7/11/2018), sejumlah petugas kepolisian, Selasa siang, 10 Juli 2018, langsung mendatangi lokasi ambruknya jembatan gantung di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis. Jembatan gantung yang terbuat dari susunan bambu dengan pengait dari kabel baja tersebut tampak putus di tengah.

Petugas menemukan kondisi baja pengait jembatan sudah berkarat di sana sini. Sedangkan bambu yang menopang badan jembatan juga tampak mulai lapuk. Kondisi tersebut diduga memicu ambruknya jembatan yang telah berusia 10 tahun itu.

Saat kejadian, belasan warga yang terdiri dari sejumlah ibu bersama anak-anak mereka secara bersamaan melintasi jembatan. Tak kuat menopang beban berat, kabel baja pengait jembatan sepanjang 40 meter itu putus, hingga jembatan terbalik dan melempar belasan orang yang melintas di atasnya ke dasar sungai.

Akibat insiden putusnya jembatan gantung tersebut, sedikitnya 15 orang yang terdiri dari kaum ibu dan anak-anak mengalami luka-luka dan harus dirawat di Puskesmas Cidolog. Para korban tercatat mengalami luka robek, memar, hingga patah tulang, karena terlempar ke dasar sungai yang mengering. (Galuh Garmabrata)