Sukses

PAN Tunggu Sikap Golkar Bila Serius Usung JK Jadi Capres 2019

Partai Demokrat mulai mempertimbangkan nama Jusuf Kalla atau JK untuk diusung sebagai calon presiden 2019 berduet dengan AHY.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat mulai mempertimbangkan nama Jusuf Kalla atau JK untuk diusung sebagai calon presiden 2019 berduet dengan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Namun sampai saat ini belum ada partai politik lain yang mendukung wacana duet JK-AHY.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menilai sosok JK sangat layak menjadi calon presiden. Namun, PAN baru akan mempertimbangkan untuk memberi dukungan setelah Partai Golkar juga berencana mengusung JK di Pilpres 2019.

"Pak JK sekarang aja Wapres kalau mau jadi capreskan lebih dari pantes. Kenapa tidak? Ya kita lihat Golkar dulu bagaimana," ujar Zulkifli di Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Menurutnya, JK masih berpeluang menjadi capres. Namun, dia meragukan kemungkinan JK bisa diusung partai lain mengingat syarat Presidential Threshold sebesar 20 hingga 25 persen suara sah nasional.

"Apa yang enggak mungkin? Dalam politik semua mungkin. Tapi sulit kalau partai-partainya tidak ada yang mendukung. Karena syaratnya 20 persen," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wacana Demokrat

Partai Demokrat mulai mempertimbangkan nama JK untuk diusung sebagai calon presiden. Nama JK juga sempat dibahas oleh Demokrat dengan beberapa petinggi Partai Golkar.

"Ada suara-suara kader yang mengusulkan nama Pak JK berpasangan dengan AHY," kata Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.