Sukses

Survei: Jokowi Menang Jika Head to Head dengan Prabowo di 4 Provinsi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Survei itu digelar Indo Barometer di Jawa Barat, Jawa tengah, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

"Secara umum, tingkat kepuasan masyarakat Provinsi Jawa Barat terhadap kinerja Joko Widodo sebagai Presiden sebesar 60,2 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Hotel Harris, Mall FX Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (20/6/2018).

Sementara di Jawa Tengah, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi mencapai 87 persen. Sedangkan di Sumatera Utara 78,8 persen dan di Sulawesi Selatan 50,6 persen.

Menurut Qodari, di sisi lain masyarakat lebih tidak puas kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Bahkan, dalam simulasi Pilpres di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan, Jokowi tetap unggul dari Prabowo.

Di Jawa Barat, jika Jokowi head to head dengan Prabowo dia akan berhasil unggul sebesar 41,4 persen. Sementara itu, Prabowo mengantongi suara sebanyak 31,9 persen.

Sedangkan di Jawa Tengah, Jokowi unggul dengan perolehan 78,4 persen dan Prabowo 13,1 persen. Kemudian di Sumatera Utara, Jokowi berhasil berada urutan pertama dengan 56,6 persen dan Prabowo 21,1 persen Terakhir di Sulawesi Selatan Jokowi unggul dengan suara 29,1 persen dan Prabowo 21,9 persen.

Survei Indo Barometer ini dilakukan dalam kurun waktu Mei dan Juni 2018. Di Jawa Barat, survei dilakukan dengan 1.200 responden dengan kesalahan penelitian sebesar kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen .

Sedangkan untuk Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan, jumlah responden sebanyak 800 orang dengan margin of error penelitian sebesar kurang lebih 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Surat Undangan Jokowi untuk Paus Fransiskus Diterima Vatikan
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Indonesia Waspada dan Siaga Virus Corona