Sukses

Ribuan Umat Islam Padati Masjid Istiqlal, Kemacetan hingga Stasiun Gambir

Liputan6.com, Jakarta Ribuan umat Islam mulai memadati kawasan sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk menjalankan ibadah salat Idul Fitri 1439 Hijriah. Akibatnya, kemacetan tampak terlihat di sekitarnya.

Pantauan Liputan6.com, kemacetan didominasi oleh kendaraan roda empat. Bahkan kemacetan terpantau hingga Stasiun Gambir.

Hal itu pun dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar membuka lahan parkir untuk jemaah yang akan melaksanakan salat dua rakaat tersebut. Kendaraan roda dua juga tampak terparkir di trotoar sekitar kawasan Masjid Istiqlal.

Seperti biasanya pengelola Gereja Katedral juga menyediakan lahan sekitar gereja untuk dijadikan tempat parkir kendaraan. Tak hanya itu, penjagaan oleh aparat kepolisian dan TNI juga tampak di setiap jalan menuju Masjid Istiqlal.

Sebelumnya, hasil Sidang Isbat yang dilakukan Kementerian Agama dari pemantauan hilal di 34 Provinsi Indonesia telah resmi diumumkan. Perayaan Idul Fitri jatuh pada hari ini, Jumat, 15 Juni 2018.

Ada 97 titik lokasi pemantauan hilal yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Di setiap titik, Kemenag mengutus petugas rukyatul hilal yang bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas.

Sidang Isbat dihadiri duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).Hadir pula Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Planetarium.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Ketua DPR: Kekhusyukan Idul Fitri Jangan Dirusak dengan Berbagai Provokasi
Artikel Selanjutnya
Bencana Kekeringan dan Krisis Air Bersih Warnai Idul Fitri di Cilacap