Sukses

Antar Pemudik, Stasiun Senen Pastikan Masinis dan Kondektur Sehat

Stasiun Pasar Senen juga menyediakan taman bermain bagi para balita maupun anak anak yang hendak mudik di jalur peron nomor tiga.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Stasiun Besar Pasar Senen Rokhmad Makin Zainul memastikan, pelayanan stasiun untuk para pemudik dilakukan semaksimal mungkin.

"Tentu dari fasilitas jumlahnya secara kualitas dan kuantitas semuanya agar berfungsi," ucap dia, Jumat (8/6/2018).

Rokhmad melanjutkan, pelayanan mudik tahun lalu dan sekarang tidak jauh berbeda. Stasiun kereta api juga bekerja sama dengan BUMN lainnya untuk kepentingan pelayanan penumpang.

"Hampir sama, tentunya ada pelayanan kesehatan, jumlah peningkatan jumlah petugas keamanan dan seluruh pegawai yang ada kita optimalkan untuk melayani masyarakat yang menggunakan jasa kereta api," tutur dia.

Rokhmad menambahkan, sampai hari ini belum ada pembatalan keberangkatan. Pihaknya juga akan tanggap menginformasi para pemudik bila ada keterlambatan keberangkatan.

"Tentunya kami informasikan ke penumpang ya, informasi yang intens, masyarakat tau dan tidak misalkan ini kereta yang mana nih," ucap dia.

Stasiun Pasar Senen juga menyediakan taman bermain bagi para balita maupun anak anak yang hendak mudik di jalur peron nomor tiga.

Selain itu, kondisi seluruh petugas baik itu masinis dan kondektur yang akan mengantar pemudik juga berkondisi sehat. Salah satu dokter yang bertugas di Posko Kesehatan Stasiun Pasar Senen menjelaskan, kesehatan mereka diperiksa sebelum mengantarkan para pemudik pulang kampung.

"Ada keluhan nggak, demam meriang, tensi, alkohol, pilek, batuk," kata dokter wanita berjilbab biru yang enggan disebutkan namanya.

Dia menambahkan, pemeriksaan kesehatan biasanya memakan waktu 15 menit. Jika kondisi tidak fit, pihaknya segera menggantikan dengan petugas lain dan tidak diizinkan memberangkatkan pemudik.

"Kalau tidak layak jalan ya tidak jalan. Sudah sangat siap. Kalau tidak sehat harus ada gantinya," tegas dokter tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hampir Capai 25.000

Sementara itu, jumlah penumpang mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat terus meningkat. Berdasarkan data yang dihimpun humas Stasiun Pasar Senen, jumlah keberangkatan penumpang sampai hari ini mencapai 24.922 ribu.

"Hari ini untuk jumlah penumpang keberangkatan hari ini terpantau sudah mencapai 24.922 dari Stasiun Pasar Senen dengan jumlah keberangkatan 34 kereta api. Perbandingan tahun lalu masih tinggi tahun lalu, cuman nanti mungkin masih ada progres ya," kata Kepala Stasiun Besar Pasar Senen Rokhmad Makin Zainul di Stasiun Senen.

Rokhmad menjelaskan puncak para pemudik sudah terlihat dari sekarang hingga tanggal 13 nanti jelang lebaran.

"Sebenarnya mulai hari ini itu sudah, dan beberapa hari ke depan sampai tanggal 13 tuh bisa dikatakan udah mencapai maksimal," ucap dia.

Stasiun Pasar Senen juga mengoperasikan sejumlah kereta tambahan pada hari ini. Seperti KA Kertajaya Lebaran tujuan Surabaya Pasar Turi, KA Brantas Lebaran tujuan Blitar, KA Mataram Premium tujuan Lempuyangan dan lain sebagainya.

"Penambahan jumlah kereta hari ini ada tujuh keberangkatan kereta api tambahan lebaran dan satu perjalanan kereta api fakultatif," ucap Rokhmad.

Rata rata, para pemudik hari ini berangkat ke sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Seperti ke Tegal, Semarang, Solo, Blitar, Malang dan juga Yogyakarta. Relasi yang paling laris adalah KA Tegal Ekspres relasi Pasar Senen-Tegal, KA Tawangjaya relasi Pasar Senen-Semarang Poncol dan KA Kertajaya relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi.

"Keberangkatan untuk hari ini (tiket) sudah terjual habis," tandas Rokhmad.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.