Sukses

Upacara dan Uji Coba LRT Jadi Rangkaian Persiapan Asian Games 2018

Upacara yang melibatkan 2.500 penari, 5.500 pengisi acara, hampir 200 musisi serta tata panggung yang masih dirahasiakan, diharapkan akan menjadi kejutan saat acara berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang perhelatan Asian Games 2018, persiapan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games di Jakarta sudah mencapai 70 persen.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (28/5/2018), tetap mengusung budaya Indonesia, upacara yang melibatkan 2.500 penari, 5.500 pengisi acara, hampir 200 musisi serta tata panggung yang masih dirahasiakan, diharapkan akan menjadi kejutan saat acara berlangsung.

"Menjelang bulan Juli, kita mulai promosikan pembukaan Asian Games itu sendiri dan penjualan tiketnya juga akan kita mulai. Seperti film, ada teaser-teaser yang akan kita lakukan nanti," kata Deputi II Games Operation Francis Wanandi.

Sementara di Kota Palembang, kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) yang akan digunakan untuk perhelatan Asian Games 2018 yang menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badarudin II menuju Jakabaring Sport City memasuki tahap uji coba dinamis rangkaian kereta atau trainset di lintasan rel Stasiun Jakabaring Sport City.

Setelah Asian Games, LRT juga akan menjadi sarana transportasi massal warga kota Palembang ke depannya.

"Ini merupakan lifestyle baru. Kenali dengan baik, ajak semua masyarakat, gunakan ini untuk keseharian. Tarif komuter Rp 5 ribu, tapi yang menuju ke bandara itu Rp 20 ribu. Kita akan diskusikan apakah tarif Rp 20 ribu ini cukup terjangkau untuk masyarakat," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Rencananya, LRT Palembang akan mulai beroperasi pertengahan Juli mendatang dan akan digunakan untuk mengangkut atlet dan pendamping yang berlaga di Asian Games 2018.

Satu rangkaian kereta LRT buatan PT INKA (Industri Kereta Api) Madiun yang digunakan bisa mengangkut 400 orang penumpang.