Sukses

Indahnya Kampung Muslim di China

Keindahan kampung ini menarik perhatian turis dengan arsitektur orientalnya yang sangat khas. Belum lagi, setiap rumah di perkampungan ini didesain seragam.

Fokus, China - Sejumlah umat Islam di China membentuk sebuah perkampungan baru. Sederhana namun indah. Kampung itu menarik perhatian turis dari berbagai negara.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (19/5/2018), China memiliki 56 jenis suku yang diakui secara resmi. Salah satunya suku hui (baca: hue). Suku ini merupakan satu dari lima suku terbesar di Negeri Tirai Bambu itu. Mereka memeluk agama Islam dan hidup berdampingan dengan agama lain.

Di China terdapat perkampungan Muslim di Provinsi Ningxia, yakni Wuzhong (baca: wuchong) Muslim New Village, yang diresmikan pada 2007.

Keindahan kampung ini menarik perhatian turis dengan arsitektur orientalnya yang sangat khas. Belum lagi, setiap rumah di perkampungan ini didesain seragam. Bahkan, setiap bulannya ada 2000 turis yang berkunjung dari berbagai negara.

Selama kunjungan mereka tak lupa merasakan suguhan kudapan halal di salah satu rumah yang telah disulap menjadi tempat makan. Praktis kegiatan inipun sedikit banyak meningkatkan kehidupan ekonomi penduduk setempat.

Teh khas Ningxia ini kerap disebut teh delapan harta karun karena diracik dengan delapan bahan. Dulunya masyarakat kerap mengkonsumsi teh ini karena bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, menambah energi, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kekentalan agama di kampung ini dapat dilihat juga dari perpustakaan yang dibangun untuk warga setempat. Terdapat buku-buku mengenai Islam yang dimanfaatkan warga untuk menambah ilmu agama.