Sukses

Antisipasi Keributan Terulang, Polisi Masih Berjaga di Makam Mbah Priok

Jumat pekan lalu, terjadi keributan di parkiran Makam Mbah Priok.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Polres Pelabuhan Tanjung Priok masih berjaga di kawasan wisata cagar budaya Mbah Priok di Jakarta Utara. Satu tenda besar yang menampung belasan personel berdiri di jalan depan kawasan cagar budaya itu.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Farouk Rozi mengatakan, pihaknya hanya memastikan peristiwa perusakan pos penjaga parkir di daerah itu tidak terulang.

"Iya kita siaga 24 jam sampai tim kita di lapangan memastikan tak ada keributan susulan. Dan sejauh ini bisa dilihat kalau kondisi kondusif, aman," kata Farouk di lokasi, Jakarta Utara, Selasa (8/5/2018).

Areal makam Mbah Priok dirusak sejumlah orang tak dikenal pada Jumat malam 4 Mei 2018. Hal itu dipicu oleh keributan antarwarga yang terjadi di sekitar lahan parkir situs ziarah tersebut.

Farouk menambahkan, selain polisi berseragam, anggota satuan Intel juga disebar untuk berjaga di sekitar lokasi. Namun menurut dia sampai sejauh ini tidak ada informasi yang mengarah akan muncul kericuhan.

"Ya kita berjaga sampai tidak ada apa-apa lagi lah. Nggak ada susulan, bisa dilihat sendiri semuanya berjalan normal saja," imbuh dia.

Pantauan Liputan6.com, aktivitas di cagar budaya makam Mbah Priok berjalan normal. Peziarah pun datang silih berganti. Ada yang datang rombongan dengan bis, mobil pribadi maupun kendaraan roda dua.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Kantongi Nama Pelaku Perusakan

Farouk menuturkan, pihaknya sudah memeriksa delapan orang saksi terkait peristiwa perusakan pos jaga parkir Jumat lalu.

Dari keterangan saksi tersebut, polisi sudah mengantongi nama-nama yang diduga sebagai pelaku. Dugaan sementara hanya salah paham yang memicu kerusakan pos jaga parkir.

"Iya ada 8 saksi, dari keterangan itu kita sudah kantongi nama siapa yang diduga melakukan perusakan. Kita masih gali lagi dan kumpulkan bukti," ujar Farouk.

Kemudian polisi juga sudah memeriksa CCTV yang ada di lokasi. Namun sayang CCTV tersebut tidak mengarah ke area perusakan. Sebab pos jaga parkir yang dirusak cukup jauh ke depan dari area kawasan cagar budaya.

"Ada CCTV tapi nggak mengarah ke tempat keributan. Ya kita masih Dalami semuanya," tutur Farouk.

Pos penjaga parkir di kompleks Cagar Budaya Makam Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara, dirusak orang tak dikenal, Jumat 4 Mei 2018 malam lalu.

Seorang warga mengalami luka ringan. Bangunan kontainer pos parkir dan PAUD yang berada di komplek tersebut juga mengalami kerusakan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.