Sukses

Intip Hunian Lansia yang Nyaman dan Unik di Cibubur

Tidak hanya ragam aktivitas, fasilitas tempat tinggal di sini sengaja dirancang untuk keamanan dan kenyamanan para lansia.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa ada sebuah konsep hunian yang nyaman bagi para lansia di Jakarta? Alih-alih bosan, hunian tersebut justru membuat para lansia merasa betah dan bahagia.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Jumat (27/4/2018), para lansia ini begitu asyik bermain scrable atau menysusun kata dalam bahasa Inggris. Aktivitas tersebut dilakukan di Rumah Lansia Cibubur, Jakarta Timur.

Mereka mengaku, beraktivitas membuat mereka tetap sehat dan bisa mengusir rasa bosan. Terbukti dari Oma Soeparti Soetedjo yang telah tinggal selama 23 tahun.

"Kalau nggak betah sudah pergi. Di sini teman-teman seumur, jadi enak komunikasinya," kata Soeparti.

Selain beragam aktivitas, fasilitas tempat tinggal di sini sengaja dirancang untuk keamanan dan kenyamanan para lansia. Ada ramp untuk naik turun gedung, hand rail atau pegangan di sepanjang koridor, dan kamar lengkap dengan berbagai perabotan.

Rumah Lansia berbeda dengan Panti Wreda atau Jompo. Di sini para lansia harus memiliki penanggungjawab.

"Kami punya keluarga itu tidak harus keluarga langsung. Bisa juga kakak atau adik, bahkan misalnya mereka yang punya organisasi sosial dan keagamaan," ujar Kepala Rusun Lansia Ibenu Abas.

Ada juga syarat lain yang harus dipenuhi. Lansia harus berusia minimal 60 tahun dan masuk atas keinginannya sendiri. Tidak menderita sakit menular, tidak pikun berat, bisa beraktivitas secara mandiri, dan mempunyai penanggungjawab atau keluarga.

Untuk bisa menikmati berbagai fasilitas di Rumah Lansia Cibubur, para lansia setiap bulannya dibebankan biaya sebesar Rp 3,5 juta. Yaitu untuk makan tiga kali sehari, menikmati makanan ringan, perawatan kesehatan oleh tim dokter, dan rekreasi setahun sekali.