Sukses

Ribuan Warga Bali Gelar Upacara Melasti di Objek Wisata Tanah Lot

Upacara melasti ini menarik perhatian wisatawan dan perajin ogoh-ogoh kebanjiran pesanan hingga 90 persen.

Liputan6.com, Bali - Ritual melasti atau upacara pembersihan jelang perayaan Nyepi dilakukan di objek wisata Tanah Lot, Tabanan, Bali. Upacara melasti ini menarik perhatian wisatawan dan perajin ogoh-ogoh kebanjiran pesanan hingga 90 persen.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (16/3/2018), menjelang Nyepi, ribuan warga Bali menuju Tanah Lot untuk melaksanakan ritual melasti. Prosesi dimulai dengan berjalan kaki dari Pura Bale Agung menuju Pantai Tanah Lot.

Mereka berasal dari 44 pura yang ada di Desa Pakraman Beraban, masing-masing membawa pratima atau benda yang disucikan. Selain itu, para wisatawan yang ada di kawasan objek ini terpukau dengan upacara melasti ini, kunjungan wisata ke Bali juga ikut meningkat.

Sementara itu, jelang perayaan Nyepi, umat Hindu pada tahun baru Saka menjadi berkah bagi perajin ogoh-ogoh di Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. Sebulan menjelang Nyepi, permintaan ogoh-ogoh meningkat sekitar 90 persen.

Ogoh-ogoh adalah boneka raksasa yang biasa diarak keliling sebelum Hari Raya Nyepi. Ogoh-ogoh mengambarkan kepribadian Buta Kala yang nantinya akan dibakar. Makna dari prosesi ogoh-ogoh ini melambangkan keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta.