Sukses

1 Kompi Polisi Amankan Massa Pengawal Ustaz Zulkifli Ali

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan orang datang mengawal pemeriksaan Ustaz Zulkifli Muhammad Ali di Direktorat Tindak Pidana Siber (Dirtipid Siber) Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2018). Ia diperiksa atas kasus ujaran kebencian atau hate speech.

Massa yang mendampinginya berkumpul di depan gerbang gedung Direktorat Tindak Pidana Siber. Mereka di antaranya berasal dari Tim Advokat Muslim, Organisasi Kebangkitan Jawara dan Pengacara atau Bang Japar, dan Front Pembela Islam (FPI).

Di antara massa terlihat pula mobil komando bertuliskan Garda NKRI, FPI Pembela Agama dan Negara. Sekitar 100 personel kepolisian pun diturunkan untuk mengamankan massa.

"Ada satu kompi personel gabungan dari polda, polres dan polsek, diturunkan," ujar Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Roma Hutajulu, yang ikut hadir di lokasi.

Selain melakukan penjagaan, polisi juga melakukan pengalihan arus. Sejumlah jalan ditutup termasuk jalur Jalan Taman Jatibaru ke Jalan Jatibaru Raya.

"Kita mengimbau kepada rekan-rekan agar menjaga ketertiban dan keamanan," ujar dia.

 

1 dari 2 halaman

Sempat Ditunda

Sebelumnya, Bareskrim Polri mengundurkan jadwal pemeriksaan terhadap Ustaz Zulkifli Muhammad Ali terkait kasus UU ITE. Pemeriksaan yang di gedung Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipid Siber) Bareskrim Polri, Jalan Taman Jatibaru Nomor 1, Cideng, rencananya berlangsung tadi pagi akan dilakukan siang ini.

"Iya diperiksa pukul 13.00 WIB usai zuhur," ucap Kanit III Subdit II Penindakan Dittipid Siber Bareskrim Polri AKBP Irwansyah saat dikonfirmasi, Kamis (18/1/2018).

Irwansyah mengatakan, pemeriksaan ditunda karena Zulkifli ingin berkoordinasi dahulu dengan pihak pengacaranya.

"Dia (Zulkifli Muhammad Ali ) baru tiba di Jakarta dan dia perlu berkoordinasi dengan pengacaranya sebelum diperiksa. Tadi malam juga dia masih ada ceramah di Payakumbuh (Sumatera Barat)," kata Irwansyah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Bupati Buton Selatan Kepala Daerah Kelima dari Sultra yang Ditangkap KPK
Artikel Selanjutnya
Polri Bantah Tudingan Rizieq Shihab soal Mantan Teroris Sofyan Tsauri