Sukses

Dapat Dilipat Sebesar Koper, Mobil Ini Diklaim Dapat Atasi Masalah Parkir

Fokus, Mostar - Seorang penemu asal Bosnia berhasil menciptakan sebuah mobil lipat. Mobil yang dapat dilipat sebesar koper ini diklaim bisa mengatasi masalah kemacetan di kota-kota besar. Sang penemu, Elvis Cero berharap, mobil yang masih berbentuk purwarupa ini dikembangkan menjadi sebuah mobil yang jauh lebih canggih.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (5/1/2018), mobil hasil ciptaan Elvis Cero ini memang tidak berbentuk mobil pada umumnya. Bahkan kendaraan ini lebih mirip becak. Namun, sang penemu yakin purwarupa mobil lipat ini dapat menjadi solusi sulitnya mencari lahan parkir di kota-kota besar.

Mobil listrik ini menggunakan roda sepeda yang terbuat dari alumunium. Daya angkutnya mencapai 100 kilogram, sementara baterai untuk menjalankan mesinnya dapat bertahan sampai lima jam. Mobil ciptaan Cero, baru berupa purwarupa dengan menggunakan material murah yang banyak dijual di mana pun. Selain logam, Cero juga menggunakan bahan kain untuk mobilnya.

Cero mendapat ide membuat mobil tersebut ketika berkunjung ke Jerman menemui kerabatnya. Ia melihat banyak orang yang mengendarai sepeda di tengah jalan saat hujan dengan menggunakan mantel yang tebal. Lalu timbul ide membuat kendaraan yang tertutup dari cuaca dan dapat dilipat dengan ukuran yang lebih kecil.

Cero adalah seorang ahli mekanik yang bekerja di sebuah perusahaan kecil. Ia beruntung, biaya untuk membangun purwarupa ini disokong perusahaan tempatnya bekerja. Cero berharap di masa mendatang, kendaraan ciptaannya dapat diproduksi secara massal.