Sukses

Tugu Monas Ditutup untuk Umum di Malam Tahun Baru

Spesial untuk Senin 1 Januari 2018 besok yang bertetapan dengan liburan sekolah, Tugu Monas akan tetap dibuka untuk umum.

Liputan6.com, Jakarta - Tugu Monumen Nasional (Monas) ditutup untuk umum mulai pukul 16.00 WIB, padahal biasanya Tugu Monas ditutup sampai pukul 21.00 WIB. Penutupan itu dikarenakan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Itu juga sudah dikasih pagar dan dijaga petugas dan beberapa polisi," ucap Kepala Pengelola Kawasan Monas, Munjirin saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (31/12/2017) malam.

Dia menjelaskan, biasanya Tugu Monas akan ditutup untuk umum hari Senin untuk perawatan. Namun, spesial untuk Senin 1 Januari 2018 besok yang bertetapan dengan liburan sekolah, Tugu Monas akan tetap dibuka untuk umum.

"Karena masih libur sekolah jadi tetap akan dibuka besok Senin," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mobil Pemadam Kebakaran

Selain itu, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta telah menyediakan lima buah mobil pemadam kebakaran di area Monas, Jakarta Pusat dalam perayaan pergantian tahun.

Pantauan Liputan6.com, mobil damkar tersebut menyebar di beberapa titik di kawasan Monas. Seperti halnya di sekitar Tugu Monas dan di dekat panggung utama yang disediakan panitia.

"Ini mobil damkar ada di lima titik sekitar kawasan Monas," kata salah seorang petugas Damkar Nur Ules kepada Liputan6.com, Minggu (31/12/2017).

Tak hanya itu, beberapa bus toilet juga telah disediakan dan langsung diserbu oleh para pengunjung yang datang. Bus dari Dinas Kesehatan juga telah disediakan.

3 dari 3 halaman

Sudah Dipadati Pengunjung

Usai hujan mengguyur Jakarta, masyarakat mulai mendatangi Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat untuk merayakan pergantian tahun 2017 ke 2018. Masyarakat yang datang pun tak hanya sendiri, namun bersama sanak keluarga.

Pantauan Liputan6.com mereka datang menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil hingga kendaraan umum seperti Transjakarta ataupun kereta listrik Jabotabek. Kemacetan juga sudah tampak di pintu masuk parkiran IRTI Monas.

Beberapa petugas keamanan seperti Sataun Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan sudah mulai berjaga di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Trotoar depan pintu masuk parkiran IRTI Monas juga sudah mulai banyak pedagang yang berjualan minuman ringan hingga berbagai makanan siap saji. Mereka menggunakan meja berukuran 50*50 centimeter ataupun hanya menggunakan lembaran koran.

Ribuan warga juga telah memadati area Monas. Ada yang menggunakan tikar untuk bercengkrama ada pula mereka yang mulai berfoto dengan berlatarkan Tugu Monas.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.