Sukses

BJ Habibie Hadiahi Anies-Sandi Jaket Bomber

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno bersilaturahmi ke rumah BJ Habibie di Kuningan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-3 RI BJ Habibie memberikan hadiah jaket bomber hijau kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang berkunjung ke rumahnya.

Jaket itu bertuliskan "Terbangkan Pesawat Indonesia" dan terdapat logo pesawat R80 di bagian dada kiri. Dengan tersenyum, Habibie mengenakan langsung jaket itu kepada Anies-Sandi.

Sandiaga menyatakan dukungannya terhadap proyek pesawat R80. Adapun Anies menyatakan bahwa jaket itu sesuai untuk dikenakan di tempatnya bekerja, yakni Balai Kota Jakarta.

"Pas ini untuk (dipakai) di Balai Kota," kata Anies di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2017).

Anies-Sandi pun berterima kasih akan pemberian jaket itu. Logo R80 yang ada di jaket itu merupakan seri pesawat yang akan dibuat Indonesia.

Perancangnya langsung adalah Habibie yang disponsori PT Regio Aviasi Industri (RAI) dan dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia.

RAI merupakan perusahaan pengembangan, perencanaan, dan manufaktur pesawat milik Habibie bersama putra sulungnya, Ilham Habibie.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Galang Dana

Tak hanya itu, RAI melalui kitabisa.com, menggalang dana agar masyarakat dapat menyalurkan sumbangan untuk pengembangan pesawat R80 itu.

Tim kitabisa.com Fachri menyatakan, saat ini telah terkumpul Rp 3,2 miliar dari 8 ribu orang yang memberikan sumbangan.

Pihaknya menargetkan sumbangan itu mencapai Rp 5 miliar. Hal itu sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat untuk memproduksi pesawat sendiri.

"Seperti komitmen bangsa, bahwa maju mendukung teknologi ini. Makanya seperti jaket ini Rp 700 ribu," papar Fachri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.