Sukses

Pohon Berusia 192 Tahun di Istana Bogor Tumbang

Pihak Kebun Raya Bogor rutin memeriksa untuk mengetahui kondisi pohon-pohon yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Pohon berusia ratusan tahun tumbang di Kebun Raya Bogor saat hujan deras, Rabu (4/10/2017) dini hari tadi. Pohon leci itu tumbang di sebuah kolam yang berada di tengah halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kepala Subbagian Kerja Sama dan Informasi LIPI Bogor, Rosniati Apriani Risma, mengatakan pohon yang berasal dari Tiongkok bagian selatan itu diperkirakan tumbang Rabu dini hari tadi.

"Baru diketahui tadi jam 5 Subuh, dan kami sedang teliti penyebabnya," kata Rosniati, Rabu (4/10/2017).

Namun sejauh ini, pihaknya rutin melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi pohon-pohon yang ada di Kebun Raya Bogor.

"Kita rutin memeriksa pakai alat khusus untuk mengetahui apakah pohon itu keropos dimakan rayap atau sakit karena faktor lain," ujar Rosniati.

Menurut Rosniati, pohon leci yang tumbang hingga akarnya itu merupakan salah satu pohon tertua di Kebun Raya Bogor, yakni berusia 192 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berasal dari Tiongkok

Pohon tersebut, ujar Rosniati, berasal dari Tiongkok bagian selatan dan ditanam pada 1823 di bawah kepemimpinan C.L Blume.

"Tinggi pohonnya bisa mencapai 15-25 meter," kata dia.

Hingga kini batang pohon masih tergeletak dan menutupi sebagian kolam Gunting. Petugas pun masih kesulitan untuk memotong batang pohon tersebut karena berada di area kolam.

"Belum tahu kapan. Kita lagi persiapkan bikin sampan untuk mempermudah membersihkan batang pohon dari kolam," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.