Sukses

Hendarti, Gabungkan Minat Baca dan Kesadaran Lingkungan

Sosok yang satu ini menggabungkan upaya peningkatan minat membaca dengan kesadaran lingkungan.

Liputan6.com, Jawa Tengah - Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya, namun hanya satu dari sepuluh ribu anak Indonesia yang berminat membaca. Cukup prihatin, Raden Roro Hendarti mengembangkan minat baca warga Desa Muntang, Kemangkon, Purbalingga, Jawa Tengah, dengan membangun perpustakaan desa keliling. Setelah membaca buku, anak-anak bisa mengakses komputer secara gratis.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Minggu (27/8/2017), salah satu pelanggan setia perpustakaan ini adalah Cintya, siswi kelas 2 SMP tersebut biasa meminjam buku-buku yang disediakan oleh Limbah Pustaka.

Bermodalkan sepeda motor roda tiga dari Dinas Lingkungan Hidup, Hendarti, dengan penuh semangat berkeliling desa untuk meminjamkan buku bagi warga yang tak punya waktu untuk datang ke perpustakaan di rumahnya.

Begitu tiba di sudut desa, anak-anak usia sekolah ini langsung menyerbu perpustkaan keliling milik Roro Hendarti, mereka sangat menyambut baik adanya perpustakaan keliling ini. Tak disangka, kedatangan perpustakaan desa yang dibuat Hendarti berdampak pada meningkatnya minat baca warga Muntang.

Tak hanya itu, Hendarti juga membantu meningkatkan kebersihan lingkungan yang disebut bank sampah. Uniknya, cukup dengan menyetorkan sampah, warga desa sudah dapat membaca buku dan meminjamnya hingga mengakses internet secara gratis.

Hasil sampah yang sudah di pilah oleh warga kemudian dikelola di bank sampah. Berkat kegigihannya menggerakkan kesadaran membaca dan kepedulian lingkungan masyarakat setempat, Hendarti pun sering mendapatkan penghargaan.

Apa yang dilakukan Hendarti berbuah manis. Anak-anak di Desa Muntang, Kemangkon, Purbalingga, kini hobi membaca dan lingkungan pun menjadi bersih dari sampah.