Sukses

Belasan Ribu Penari Saman Aceh Pecahkan Rekor Dunia

12.262 penari Saman mengguncang Aceh dalam rangka HUT ke-72 RI. Penonton pun banyak yang berdecak kagum dengan penampilannya.

Fokus, Aceh - Sebanyak 12.262 penari Saman mengguncang Lapangan Stadion Seribu Bukit, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Minggu 13 Agustus. Pagelaran Tari Saman massal dengan jumlah penari terbanyak di dunia itu, digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Selasa (15/8/2017), unjuk kebolehan para penari Saman yang datang dari Kabupaten Takengon, Bener Meriah, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan Aceh Timur, berhasil menembus rekor dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia.

Kekompakan gerakan yang cepat dan atraktif, memukau para penonton, yang tak hanya datang dari sekitaran Aceh, tapi juga sejumlah wisatawan asing.

Tari Saman Gayo, sebenarnya pada 24 November 2011 lalu telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda. Maka tak heran, upaya pelestarian tari tradisional khas Tanah Rencong itu terus dijaga.