Sukses

Perayaan HUT ke-72 RI Sebulan Penuh, Ada Zikir dan Konser SNSD

Perayaan HUT ke-72 Republik Indonesia akan berbeda dari tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI) akan berbeda dari tahun sebelumnya. Pada perayaan tahun ini, berbagai kegiatan akan dilaksanakan selama sebulan penuh.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, perayaan Kemerdekaan sebulan penuh ini digelar untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menghidupkan kembali rasa nasionalisme.

"Nanti selama bulan kemerdekaan ini, kita akan merangkai dengan banyak sekali kegiatan yang bergiat bukan hanya kita-kita yang ada di Jakarta, tetapi juga masyarakat kita seluruh Indonesia, di seluruh lapisan masyarakat," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Rangkaian acara akan dimulai Pembukaan Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan bertajuk 'Senandung Ibu Pertiwi' di Galeri Nasional pada 1 Agustus 2017. Malam harinya, Zikir Kebangsaan 'Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan' di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

"Jadi zikir itu akan diikuti oleh para ulama dan sekaligus juga oleh para santri dari berbagai pondok pesantren, yang kemudian disambung dengan berbagai kegiatan yang lain selama satu bulan," imbuh dia.

Acara dilanjutkan dengan Pentas seni di Museum Fatahillah dan Kota Tua. Pentas seni ini akan digelar pada 5, 12, 19, dan 26 Agustus 2017. Acara serupa ditambah dengan lomba antarkomunitas di Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta. Acara ini juga akan dilakukan di kota besar lain di Indonesia.

Peringatan Hari kebangkitan Teknologi Nasional ke-22 juga menjadi bagian dari bulan Kemerdekaan. Acara kali ini mengusung tema 'Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan' yang akan dilaksanakan di Center Point of Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan pada 10 Agustus 2017.

Momen Kemerdekaan juga digunakan sebagai kick off Pembinaan Ideologi Pancasila di Istana Bogor pada 11 Agustus 2017. Acara ini merupakan inisiatif dari Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

"Ini akan menginisiasi program-program selanjutnya, termasuk di dalamnya yang juga diselenggarakan oleh UKPPIP, adalah juga bagaimana kita mengapresiasi terhadap WNI yang sangat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, kontribusinya besar, memberikan inspirasi bagi banyak pihak, termasuk terutama generasi muda," jelas Pratikno.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Renovasi Air Mancur Monas pada 14 Agustus 2017. Peringatan Hari Pramuka ke-56 di Bumi Perkemahan Cibubur juga dilaksanakan pada 14 Agustus 2017.

Kemudian ada 3 acara beruntun digelar pada 15 Agustus 2017. Kegiatan dimulai dengan Hari Belanja Diskon Indonesia atau Happy Birthday Indonesia (HBD Indonesia) di Gambir Expo-JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Lalu ada Penganugerahan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan di Istana Negara. Terakhir, Pengukuhan Paskibraka Indonesia di Istana Negara.

"Di tengah bulan Agustus seperti biasa ada beberapa sidang yaitu sidang tahunan di depan MPR RI kemudian pidato kenegaraan Presiden di DPR dan DPD dan tentu saja juga seperti tahun yang lalu ada pidato RAPBN tahun 2018 dan nota keuangan yang diselenggarakan oleh Presiden," ungkap Pratikno.

Puncak perayaan tentu pada Upacara Pengibaran Bendera Pusaka di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus. Upacara ini akan dikemas dengan khidmat dan gembira.

"Judulnya 'Ayo Kerja Bersama', kerja sama untuk berbagai hal, untuk kebaikan bangsa kita. Kita akan kemas dengan nuansa bukan hanya khidmat, tapi juga gembira. Itu kita tuangkan untuk mengekspresikan kekayaan budaya kita," tutur dia.

Keesokan harinya, 18 Agustus, diselenggarakan Peringatan Hari Konstitusi di Gedung Nusantara IV. Siang harinya ada ramah tamah dengan Paskibraka dan Teladan Nasional. Malam harinya, puncak penghitungan mundur penyelenggaraan Asian Games 2018 dilaksanakan. Berbagai acara sudah disiapkan termasuk penampilan dari artis asal Korea Selatan, yakni Girls Generation atau SNSD.

Festival Prestasi Indonesia: Keteladanan dan Capaian akan menjadi acara unggulan pada 21 Agustus 2017. Acara ini diselenggarakan di JCC, Senayan, Jakarta. Dan dilanjutkan dengan Pentas Seni Festival Prestasi Indonesia keesokan harinya.

"Untuk Festival Prestasi Indonesia yaitu apresiasi terhadap warga negara kita yang sangat berprestasi dan sekaligus untuk memberikan inspirasi keteladanan kepada anak-anak bangsa," imbuh Pratikno.

Acara tidak hanya dilaksanakan di Jakarta. Acara yang tak kalah seru juga digelar di Bandung, Jawa Barat. Acara ini bertajuk Karnaval Kemerdekaan yang digelar pada 26 Agustus 2017.

Seluruh rangkaian acara bulan kemerdekaan akan ditutup dengan pertandingan Futsal antara MU Legend melawan tim Presiden dan Menteri Kabinet Kerja.

"Penutupnya selebrasinya semoga ini nanti bisa membuat kejutan. Pokoknya kita akan ada futsal," Pratikno memungkas.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.