Sukses

79,8 Persen Warga Jatim Puas dengan Kinerja Jokowi

Jawa Timur menjadi posisi tertinggi kedua pada tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus meningkat sepanjang 2022. Berdasarkan temuan lembaga survei Poltracking Indonesia, tingkat kepuasan masyarakat di Jawa Timur terhadap Jokowi mencapai angka 79,8 persen. 

Poltracking Indonesia merilis temuan terkait survei kepuasan publik terhadap Jokowi pada lima provinsi di Pulau Jawa, seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim).

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda memaparkan bahwa kepuasan publik Jatim terbilang cukup tinggi. Angkanya menyentuh 79,8 persen.

“Jawa Timur menjadi posisi tertinggi kedua pada lima provinsi yang diteliti. Hasilnya 79,8 persen masyarakat Jatim puas dengan kinerja Jokowi, diikuti oleh DKI Jakarta 74,6 persen, Jawa Barat 68,6 persen, dan Banten 66,5 persen,,” ujar Hanta pada rilis survei Poltracking yang disiarkan di kanal Youtube PoltrackingTV, seperti dikutip Kamis (15/12/2022).

Sementara Jateng menduduki posisi teratas sebagai provinsi dengan kepuasan publik paling tinggi terhadap kinerja Jokowi. 

“Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo paling tinggi di Jawa Tengah mencapai 84,9 persen,” ujar Hanta.

Suvei Poltracking dilakukan pada periode 26 November-2 Desember 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel pada masing-masing provinsi adalah 1.000 responden dengan MoE +/- 3,1% dan tingkat kepercayaan 95 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Terus Meningkat Sepanjang 2022

Sebelumnya diberitakan, Lembaga Survei Poltracking merilis hasil surveinya terkait catatan akhir tahun Kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin 2022. Hasilnya, sebanyak 73,5 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi.

"Publik yang merasa puas (gabungan sangat puas dan cukup puas) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (73,5 persen), sementara publik yang merasa tidak puas (gabungan dari kurang puas dan sangat tidak puas) (18,7 persen)," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam konferensi pers, Kamis (8/12/2022).

Menurut dia, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi mengalami fluktuasi dalam rentang Oktober 2021 hingga November 2022. Pada Oktober 2021, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi berada di angka 68,4 persen.

Lalu menurun pada Mei 2022 yakni, 59,1 persen. Kendati begitu, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi kembali mengalami peningkatan pada Agustus 2022 di angka 68,4 persen.

"Tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi sempat mengalami fluktuasi, tetapi sepanjang tahun 2022 relatif terus mengalami peningkatan," ujar Hanta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.