Sukses

Berlebaran Sambil Melepas Rindu di Rutan Wanita Pondok Bambu

Liputan6.com, Jakarta - Bagi warga Indonesia, momen Hari Raya Idul Fitri juga bisa untuk melepas rindu bertemu sanak kelurga. Tak terkecuali bagi mereka yang anggota keluarganya mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Yani (56) salah satunya, yang menjenguk kerabatnya di rutan khusus wanita tersebut. Warga Tangerang, Banten ini mengaku terpaksa datang sebelum sore hari, mengingat waktu jadwal kunjungan hanya sekali untuk satu warga binaan.

"Tadi pagi salat Id di Masjid Istiqlal, terus langsung ke sini untuk jenguk anggota keluarga," kata Yani di depan Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Minggu (25/6/2017).

Keramaian warga yang ingin menjenguk keluarganya yang mendekam di Rutan Pondok Bambu terjadi pagi hari. Menjelang sore, warga sudah mulai sepi meninggalkan Rutan Pondok Bambu.

Warga yang datang ingin menjenguk keluarganya, dilayani oleh petugas Rutan Pondok Bambu dengan mengantre dan bergiliran.

Sementara itu, sebanyak 180 narapidana di Rutan Klas IIA Pondok Bambu mendapatkan remisi atau pemotongan masa tahanan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kepala Rutan Pondok Bambu Ika Yusanti menyebut, setelah mendapatkan remisi, setidaknya ada dua napi yang langsung dapat menghirup udara bebas. "Dua bebas karena hari ini dikurangi masa pidananya," kata Ika di lokasi.

Menurut dia, di rutan ini terdiri dari 416 penghuni. Namun, tak semuanya mendapatkan remisi. Sebab, harus ada persyaratan yang dilewati para napi dalam mendapatkan pemotongan masa hukuman.


Saksikan video menarik di bawah ini: