Sukses

9 Negara Putuskan Hubungan, Qatar Terancam Krisis Pangan

Saat dikonfirmasi, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, mengatakan, Qatar Airways sejak kemarin telah pindahkan penumpang

Liputan6.com, Jakarta Arab Saudi merupakan satu dari sembilan negara tetangga Qatar yang memutuskan hubungan diplomatik. Pemerintah Saudi kemudian menutup gerbang perbatasan dengan Qatar di Abu Samra.

Jalan Salwa yang menghubungkan Abu Samra dengan ibu kota Qatar, Doha, kini sepi. Padahal biasanya, lokasi penuh dengan truk pengangkut sembako.

Untuk mengakhiri krisis politik di Timur Tengah, Emir Kuwait Sheikh Sabah Al Ahmad Al Sabah bahkan melobi Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz. Lewat jamuan buka puasa bersama, Emir Kuwait meminta Raja Salman agar kembali berdamai dengan Qatar.

Terisolasinya Qatar secara darat, laut, dan udara dengan negara tetangganya berdampak pada jemaah umrah asal Indonesia yang menggunakan maskapai Qatar Airlines. Pemerintah terus mencari solusi agar tak ada jemaah yang telantar.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Libya, Yaman, Maladewa, Mauritius, dan Mauritania resmi memutus hubungan diplomatik dengan Qatar. Orang-orang kaya atau Emir Qatar dituding mendukung kelompok radikal di Irak dan Suriah. Akibatnya, Qatar terancam krisis pangan.