Sukses

Megawati Didaulat Damaikan Korea

Megawati juga berencana mengunjungi negara pimpinan Kim Jong-un.

Liputan6.com, Jeju - Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, disambut baik di Jeju, Korea Selatan. Jajaran pemerintah Korsel bahkan secara khusus meminta Megawati menjembatani proses reunifikasi Korea.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (31/5/2017), latar belakang keluarga Sukarno yang bersahabat dengan Korea Selatan dan Korea Utara menjadi alasan utama.

"Dari waktu zaman Sukarno, hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara telah dibantu, sehingga saya berpikir sosok Megawati sangat penting untuk reunifikasi Korea Utara dan Korea Selatan," kata Gubernur Jeju Won Hee-ryong

Harapan itu disambut positif oleh Megawati. Sekembalinya ke Tanah Air, Ketua Umum PDI Perjuangan ini akan melapor pada Presiden Joko Widodo, agar bisa segera mengambil langkah nyata. Megawati juga berencana mengunjungi negara pimpinan Kim Jong-un, untuk membicarakan proses reunifikasi Korea.

Megawati berada di Korea Selatan untuk mengikuti The Jeju Forum For Peace and Prosperity. Putri proklamator Sukarno ini dijadwalkan menjadi pembicara pada 1 Juni. Selain Megawati, forum internasional untuk perdamaian itu juga menghadirkan sejumlah tokoh dunia.