Sukses

Bemo dan Gerobak Masuk Istana Saat Hardiknas

Bemo ini tidak untuk mengangkut penumpang, tetapi disulap menjadi perpustakaan keliling.

Liputan6.com, Jakarta - Pemandangan berbeda terlihat di halaman parkir menteri di Istana Kepresidenan, Jakarta. Sebuah bemo dan beberapa gerobak motor terparkir di sana.

Ada alasan khusus mengapa dua kendaraan tersebut diizinkan masuk kawasan Istana. Bemo dan gerobak ini merupakan bagian dari pegiat literasi inspiratif yang diundang Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Istana Negara.

Kendaraan tersebut berbeda dari kendaraan serupa. Pasalnya, bemo ini tidak untuk mengangkut penumpang, tetapi disulap menjadi perpustakaan keliling.

Bagian eksteriornya tidak banyak berbeda dari bemo lainnya. Namun, kabin penumpang diubah menjadi rak buku. Plat nomor kuning pada bemo diubah menjadi 'B 4 CA'. Di kaca depan bagian atas juga tertulis 'Kutu Buku'.

Kendaraan lainnya, berupa angkutan kota, gerobak yang tersambung dengan sepeda motor. Sepeda motor ini dilengkapi alat dagang dan tempat meletakkan buku.

Presiden Jokowi dijadwalkan menerima para pegiat literasi inspiratif di Istana Negara pada pukul 11.00 WIB. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini