Sukses

Ibu Negara Minta Kaum Ibu Tidak Takut Deteksi Dini Kanker

Pemerintah telah mencanangkan deteksi dini kanker mulut rahim atau IVA Test sejak dua tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memberi perhatian tinggi terhadap penyakit kanker serviks. Sampai-sampai, pemerintah mencanangkan deteksi dini kanker mulut rahim atau IVA Test sejak dua tahun lalu.

Atas dasar itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo meminta warga untuk memberanikan diri datang ke sentra kesehatan untuk memeriksakan diri. Sebab, selama ini banyak warga yang takut dan khawatir melaksanakan Inspeksi Visual Asam (IVA) Test.

"Nanti kalau bisa jangan ibu saja, tapi juga lingkungan diberitahu bahwa pemeriksaan IVA Test itu penting sekali. Dan juga Sadari (Periksa Payudara Sendiri)," kata Iriana saat berdialog dengan warga pada perayaan Hari Kartini di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Selasa (25/4/2017).

Iriana Jokowi memang memanfaatkan momen Hari Kartini untuk terus mengingatkan para ibu guna memeriksakan diri ke dokter. Mengingat para ibu dari berbagai kelompok dan komunitas juga hadir.

"Nanti disebarkan ke ibu-ibu Darma Wanita kalau pemeriksaan IVA Test itu penting sekali," ucap dia.

Untuk lebih menggugah warga, Iriana Jokowi bersama istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla juga membagi-bagikan alat rumah tangga kepada para ibu yang hadir. Beberapa pertanyaan diajukan Iriana kepada warga seputar IVA Test dan kanker serviks.

Tidak hanya mixer dan blender, alat rumah tangga lainnya seperti magic jar diberikan Iriana kepada ibu penggerak PKK yang sudah mengabdi selama lebih dari 30 tahun.

Selain itu, penghargaan diberikan kepada 4 provinsi yang telah melakukan tes IVA dan pemeriksaan payudara di wilayah mereka. Keempat provinsi itu, yakni Bali, Lampung, Jawa Timur, dan Papua Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini