Sukses

Perusahaan Amerika Buka Program Pemagangan di Indonesia

Menaker M Hanif Dhakiri menerima kunjungan Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr membahas program pemagangan.

Liputan6.com, Jakarta Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr menyatakan akan mendukung program Pemagangan Nasional yang sedang digalakkan Pemerintah Indonesia. Komitmen tersebut disampaikan Donovan menjawab permintaan Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri. Rabu, 12 April 2017, Duta Besar amerika melakukan kunjungan ke kantor Kementrian Ketenagakerjaan di Jalan Gatot Subroto Jakarta.

“Kami akan meminta kepada perusahaan Amerika di Indonesia untuk menerima calon tenaga kerja untuk magang kerja,” ujarnya.

Donovan juga menyatakan, pemagangan kerja merupakan isu global bagi kaum muda untuk mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan, sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Program ini juga efektif untuk meningkatkan keahlian kerja serta mengurangi pengangguran.

Menaker Hanif menyatakan, sebagai bagian dari kerjasama di bidang ketenagakerjaan antara Indonesia dan Amerika, Indonesia berharap perusahaan-perusahaan Amerika yang beroperasi di Indonesia diharapkan memberi kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk magang kerja. “Program magang kerja akan memberi penglaman kerja dan meningkatatkan skill secara langsung kepada calon tenaga kerja Indonesia,” kata Menaker.

Kerjasama ini penting, lanjutnya, mengingat semua perusahaan Amerika di Indonesia adalah perusahaan yang menggunakan teknologi serta organisasi kerja yang modern.

Pada 23 desember tahun lalu, Presiden Joko Widodo meresmikan program "Deklarasi Pemagangan Nasional Menuju Indonesia Kompeten" di Karawang International Industrial City (KIIC), Jawa Barat. Program ini bertujuan meningkatkan SDM pekerja Indonesia.

Program yang digagas oleh Kementerian Ketenagakerjaan ini didukung oleh Kamar Dagang dan Industri, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia. Sebanyak 2.648 perusahaan ikut menyukseskan program ini dengan memberi kesempatan jutaan calon tenaga kerja untuk mendapatkan pengalaman kerja.

Powered By:

Kementerian Ketenagakerjaan RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.