Sukses

Detik-Detik KPK Tangkap Tangan Ketua DPD Irman Gusman

Pada pukul 00.30 Sabtu 17 September 2016, tiga orang keluar dari kediaman Ketua DPD Irman Gusman.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuturkan kronologi operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Ketua DPD Irman Gusman pada Sabtu 17 September 2016 dinihari. Irman terjaring OTT di kediamannya, bersama dua pengusaha dan istri dari salah satu pengusaha.

"Dalam OTT, KPK mengamankan 4 orang, yaitu saudara XSS, dirut CVSB, istri XSS, saudari MMI, saudara WS, dan Bapak IG," kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam keterangan resminya di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Agus pun menuturkan detik demi detik penangkapan. Pada 16 September, sekitar 20.15 WIB, XSS, dirut CVSB, istri XSS, saudari MMI, saudara WS mendatangi kediaman Irman Gusman. Pada Sabtu 17 September 2016, pukul 00.30 WIB, ketiganya keluar dari kediaman Irman Gusman.

"Kemudian tim KPK menghampiri ke dalam mobil, dan di dalam rumah, penyidik KPK meminta Bapak IG menyerahkan bungkusan yang diduga pemberian dari saudara XSS," beber Agus.

Sekitar pukul 01.00 WIB, Agus menjelaskan, penyidik KPK membawa XSS, MMI, WS dan IG ke KPK untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. "Dari OTT tersebut, KPK menyita uang sebesar Rp 100 juta," tegas Agus.

Agus mengatakan, pemberian uang tersebut terkait kuota gula impor yang diberikan Bulog kepada PT CVSB tahun 2016 untuk daerah Sumatera Barat (Sumbar).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.