Sukses

Jokowi Lantik Komjen Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Hadir dalam penatikan tersebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan mantan Kepala BIN Sutiyoso.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara di Istana Negara. Para Menteri Kabinet Kerja dan Kepala Lembaga turut hadir dalam pelantikan itu.

Dalam pelantikan itu, Budi Gunawan pun bersumpah kepada Allah bahwa akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Di hadapan Presiden Jokowi pun, pria yang karib disapa BG itu juga berjanji akan menjunjung tinggi hak asasi manusia, demokrasi dan hukum.

"Bahwa saya akan menjalankan tugas dan wewenang pada jabatan saya dengan sungguh-sungguh, seksama, objektif, berani dan profesional," ujar BG menirukan ucapan Jokowi, Jumat (9/9/2016).

Mantan Wakapolri itu juga bersumpah akan menjunjung tinggi kode etik intelijen negara di setiap tempat, waktu dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

"Bahwa saya pantang menyerah dalam menjalankan segala tugas dan kewajiban jabatan. Bahwa saya akan memegang teguh segala rahasia intelijen negara dalam keadaan bagaimanapun," ujar BG.

Dalam acara pelantikan itu, hadir pula Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Selain itu, mantan Kepala BIN Sutiyoso juga tampak hadir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.