Sukses

Pergantian Kepala BIN Dibahas di Paripurna DPR Hari Ini?

Kepala BIN Sutiyoso dikabarkan akan diganti oleh Komjen Budi Gunawan yang saat ini menjadi Wakil Kepala Polri.

Liputan6.com, Jakarta - DPR rencananya menggelar rapat paripurna pagi ini. Beredar kabar, salah satu agenda rapat paripurna adalah pembacaan surat dari Presiden Joko Widodo soal penggantian Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Sutiyoso.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dikabarkan akan diganti oleh Komjen Budi Gunawan yang saat ini menjadi Wakil Kepala Polri.

Namun, Ketua DPR Ade Komaruddin membantah hal tersebut. Menurut dia, DPR belum menerima surat dari Jokowi.

"Dengernya (surat masuk ke DPR) udah lama, tapi enggak ada suratnya. Boro-boro di paripurna, barangnya saja enggak ada," ungkap pria yang karib disapa Akom ini di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin 22 Agustus 2016 malam.

Menurut dia, legislator akan membahasnya pada rapat pimpinan (rapim), jika surat dari Jokowi sudah masuk.

"Rapim, dirapimkan, sampai hari ini belum ada, enggak ada, kalau ada pasti dibacain," ujar Akom.

Politikus Partai Golkar itu menyebut agenda rapat paripurna hari ini adalah pembahasan APBNP dan mendengarkan pandangan fraksi-fraksi.

"Pendapat fraksi soal APBNP, yang kemarin nota keuangan. Semua fraksi kasih pandangan," Akom menjelaskan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin juga mengaku tak tahu apakah surat dari presiden tersebut sudah masuk atau belum. Namun, dia mengisyaratkan penggantian Sutiyoso tersebut.

"Saya tidak tahu soal masuk atau tidak, tapi jadwal kami insya Allah minggu depan, kita siap untuk fit and proper test-nya," ucap Hasanuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini