Sukses

VIDEO: 16 Makam Fiktif di TPU Tanah Kusir Dibongkar

Beberapa makam fiktif yang ditemukan bahkan berada di atas badan jalan dan juga dereten batu konblok.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 16 makam fiktif di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, dibongkar Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (2/8/2016), dari 16 makam, 3 di antaranya adalah laporan masyarakat yang sudah dikembalikan lagi ke Sudin Pertamanan oleh para pemiliknya yang dibeli melalui jalur percaloan.

Beberapa makam fiktif yang ditemukan bahkan berada diatas badan jalan dan juga deretan batu konblok. Ada juga satu makam yang tanpa tanggal wafat di batu nisan.

Hingga saat ini, Sudin Pertamanan Pemakaman Jakarta Selatan sudah membongkar 48 makam fiktif di berbagai TPU di Jakarta Selatan.

Sebelumnya juga terbongkar praktek calo kuburan. Di mana calo menawarkan biaya Rp 1,5 juta hingga 3 juta untuk satu lokasi makam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.