Sukses

Kapolri Kumpulkan Para Jenderal, Bicara Dukungan ke Komjen Tito

Kapolri akan menjamin soliditas internal Polri sebelum Tito Karnavian resmi memegang tongkat komando Tri Brata.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam waktu dekat Polri akan memiliki Kapolri baru menggantikan Jenderal Badrodin Haiti, yang memasuki masa pensiun. Seluruh jenderal dikumpulkan pagi ini untuk bicara dukungan kepada calon Kapolri Komjen Tito Karnavian.

"Intinya kita semua mendukung kebijakan presiden yang telah menetapkan Pak Tito atau siapa pun yang dipilih, harus didukung," kata Badrodin saat dihubungi Liputan6.com, Senin (20/6/2016).

Dalam pertemuan yang digelar pada pukul 10.00 WIB di Rupatama Mabes Polri tersebut, Kapolri juga akan memberikan arahan terkait soliditas di dalam tubuh Polri.

"Tentu, itu bagian dari pertemuan nanti," kata Badrodin.

Terkait dukungan persiapan uji kelayakan dan kepatutan yang akan dihadapi Komjen Tito di DPR nanti, Badrodin mengatakan bahwa tim tersebut sudah terbentuk. "Sama dengan tim yang sebelumnya," sebut Badrodin.

Tito Karnavian yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terpilih sebagai calon tunggal Kapolri yang akan menggantikan Badrodin.

Meskipun peraih Adhy Makayasa Akademi Kepolisian 1987 ini tergolong muda di antara para jenderal kepolisian, dia dianggap mumpuni memimpin Tri Brata. Ini terbukti saat Tito Karnavian memimpin Polda Metro Jaya yang membawahi para seniornya, termasuk wakapolda dan beberapa perwira menengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.