Sukses

Partai Idaman dan PSI Yakin Lolos Verifikasi Kemenkumham

Rhoma mengungkapkan, untuk kantor di tingkat provinsi sebagaimana syarat dari Kemenkumham, sudah 100 persen selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka pendaftaran bagi partai baru untuk menjadi badan hukum dari 24 Mei sampai 29 Juli 2016.

Partai Islam, Damai, dan Aman (Idaman) yakin akan lolos verifikasi. Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama mengatakan, proses administrasinya akan selesai pada akhir Juni nanti.

"Persyaratan itu sudah 80-90 persen sudah lengkap. Akhir Juni selesai. Kan deadline dari Kemenkumham itu Juli. Jadi, akhir Juni udah clear," ucap Rhoma di Kemenkumham, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Rhoma mengungkapkan, untuk kantor di tingkat provinsi sebagaimana syarat dari Kemenkumham, sudah 100 persen.

"Provinsi sudah 100 persen. Nah 20 persen kekurangan itu di tingkatan kabupaten/kota dan kecamatan," ungkap Rhoma.

Senada, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie merasa yakin, proses verifikasi akan dilalui dengan mudah. "Optimis, dalam dua minggu ke depan kita akan kirim dokumen ke Kemenkumham," ungkap Grace.

Meski demikian, dia menyadari proses tersebut tidak mudah dijalani, terlebih bagi partai baru. "Ini sangat sulit karena terlalu administratif. Setahun prosesnya, tapi atas kerja teman-teman PSI, ini semua bisa selesai," tutur Grace Natalie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini